Scroll to top

Download Aplikasi Med Friend Store di App Store & Google Playstore sekarang juga

Trending : #jasa-kesehatan#buku-kesehatan#HP-Pro#Biosan#Grantusif

0
Telemedicine
SIRANAP

CHOLESTEROL TOTAL

Dilihat 303 kali

Berat : Gram

Stok 100

RS ONKOLOGI SOLO Chat Penjual.
Seller status : Verified

Quantity
+ Keranjang
Share via

Pengertian Tes Kolesterol Total

Tes kolesterol total atau panel lipid adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan mengukur jumlah low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Tujuan Tes Kolesterol Total

Tujuan pemeriksaan ini adalah menemukan kadar empat jenis lemak dalam darah, yakni:

  • Total kolesterol. Ini merupakan jumlah kolesterol dalam darah.
  • Low-density lipoprotein (LDL). Terlalu banyak LDL di dalam darah menyebabkan penumpukan timbunan lemak (plak) di arteri (aterosklerosis), yang mengurangi aliran darah. Plak ini bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.
  • High-density lipoprotein (HDL). HDL berperan dalam membantu membawa kolesterol LDL dan menjaga pembuluh arteri tetap terbuka, sehingga darah mengalir lebih lancar.
  • Trigliserida. Ini merupakan salah satu jenis lemak dalam darah. Saat makan, tubuh mengubah kalori yang tidak dibutuhkan menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak.

Manfaat Tes Kolesterol Total

Tes kolesterol total berguna untuk mengukur jumlah kolesterol dan trigliserida dalam darah. Hasilnya dapat membantu menentukan risiko penumpukan timbunan lemak (plak) di arteri yang dapat menyebabkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

Kapan Harus Melakukan Tes Kolesterol Total?

Kolesterol total sudah bisa dilakukan oleh seseorang yang menginjak usia 9 tahun dan diulang setiap lima tahun sekali. Pada pria berusia 45 hingga 65 tahun, tes bisa dilakukan setiap 1 hingga 2 tahun sekali.

Pemeriksaan juga perlu dilakukan oleh seseorang dengan kondisi:

  • Memiliki riwayat kolesterol tinggi atau serangan jantung.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Tidak aktif secara fisik atau malas berolahraga.
  • Mengidap diabetes atau kadar gula darah tinggi.
  • Sering mengonsumsi makanan tidak sehat.
  • Menjalani pola hidup tidak sehat, seperti merokok.

Prosedur Tes Kolesterol Total

Selama Prosedur

Kolesterol total adalah tes darah yang biasanya dilakukan di pagi hari setelah berpuasa semalaman. Pertama-tama, tim medis akan membersihkan area vena di lengan menggunakan antiseptik.

Selanjutnya, lengan akan dililit dengan gelang ikat karet untuk menghambat aliran darah. Cara ini dilakukan agar darah menumpuk di pembuluh vena dan mempermudah proses pengambilan sampel darah.

Setelah selesai, tim medis akan melepas gelang ikat karet agar peredaran darah kembali lancar. Prosedur hanya memakan waktu beberapa menit saja dan relatif tidak menyakitkan.

Setelah Prosedur

Pasca pengambilan sampel darah, pasien diperbolehkan kembali menjalani aktivitas normalnya. Disarankan untuk mengonsumsi makanan atau camilan manis guna menggantikan energi yang hilang setelah berpuasa semalaman.

Tempat Melakukan Tes Kolesterol Total

Pemeriksaan kolesterol total bisa dilakukan di klinik atau rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut. Jika ingin melakukannya, silakan buat janji rumah sakit untuk melakukan prosedur.


Untuk melakukan reservasi pemeriksaan dan berkonsultasi bisa melalui :


Telp (0271) 7651717

WA 0857-0222-8882

Emergency Call (0271) 741919


RS ONKOLOGI SOLO

Penyedia Jasa Kesehatan dan Obat Obatan
Jl. Siwalan No. 37 Kerten
Laweyan, Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah

Produk Terkait