Scroll to top

Download Aplikasi Med Friend Store di App Store & Google Playstore sekarang juga

Trending : #buku-kesehatan#Axion#Ibuprofen400mg#CTM #Graphalac-syrup

0
Telemedicine
SIRANAP

BIOPSI Laboratorium Test

Dilihat 400 kali

Berat : Gram

Stok 100

RS ONKOLOGI SOLO Chat Penjual.
Seller status : Verified

Quantity
+ Keranjang
Share via

Apa itu biopsi?

Biopsi adalah prosedur medis di mana sejumlah kecil kulit, jaringan, atau tubuh diambil untuk diperiksa di laboratorium dengan tujuan mendeteksi penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Biasanya, biopsi dilakukan untuk mengidentifikasi apakah jaringan yang diambil mengandung sel kanker atau sel-sel abnormal lainnya. Hasil biopsi akan membantu dokter dalam mendiagnosis dan menentukan langkah terbaik untuk pengobatan seorang pasien.


Biopsi mungkin terdengar menakutkan, tapi penting untuk diketahui bahwa bahwa sebagian besar prosedur biopsi bebas dari rasa sakit dan risikonya rendah.

 

Mengapa perlu dilakukan biopsi?

Biopsi perlu dilakukan karena merupakan cara yang efektif untuk memeriksa jaringan tubuh dan menentukan apakah ada penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Biopsi juga dapat membantu dokter dalam menentukan diagnosis yang tepat dan memberikan perawatan yang sesuai.

 

Beberapa alasan mengapa perlu dilakukan biopsi adalah sebagai berikut:

  • Mendeteksi kanker: Biopsi adalah cara yang paling umum digunakan untuk mendeteksi kanker. Jaringan yang diambil selama biopsi dapat diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan apakah sel tersebut kanker atau bukan.
  • Mendiagnosis kondisi kesehatan lain: Biopsi juga dapat membantu dokter dalam mendiagnosis kondisi kesehatan lain seperti infeksi atau penyakit autoimun.
  • Menentukan tingkat keparahan penyakit: Biopsi dapat membantu dokter dalam menentukan tingkat keparahan penyakit dan memutuskan jenis perawatan yang diperlukan.
  • Memantau efektivitas pengobatan: Biopsi dapat digunakan untuk memantau efektivitas pengobatan pada pasien dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti kanker.
  • Menghindari operasi yang tidak perlu: Dalam beberapa kasus, biopsi dapat menghindari operasi yang tidak perlu dengan memastikan bahwa jaringan yang diambil benar-benar memerlukan pengangkatan.

Dalam keseluruhan, biopsi adalah prosedur penting dalam mendiagnosis dan mengobati berbagai kondisi kesehatan dan penyakit.

RS ONKOLOGI SOLO

Penyedia Jasa Kesehatan dan Obat Obatan
Jl. Siwalan No. 37 Kerten
Laweyan, Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah

Produk Terkait